Biarkan Vespaku Berjalan Apa Adanya

Wednesday, June 6, 2012

Football Club Barcelona

Nama Lengkap                     : Football Club Barcelona
Julukan Club                        : L'equip Blaugrana
Sebutan Pendukung          : Culers atau Cules / Blaugranes atau Azulgrana
Didirikan                               : 29 November 1899
Nama Stadion                      : Camp Nou
Kapasitas Stadion              : 99.354 Penonton
Alamat                                    : Avenoda Aristides Maillol 8020 Spain
Telepon                                  : 902 1899 00 ( Fax 93 496 37 97 )
Situs Resmi                          : www.fcbarcelona.com


FC Barcelona adalah sebuah klub sepak bola yang berbasis di Barcelona yang bersaing di La Liga , liga sepak bola tertinggi di Spanyol

Didirikan pada tanggal 29 November 1899 oleh 12 pemain sepak bola berasal dari Swiss, Inggris, dan Spanyol dibawah pimpinan Joan Gamper. Barca yang memiliki motto "El Barca, es mes que un club" yang artinya "Barca bukan hanya sekedar sebuah klub" serta memiliki lagu kebangsaan yang berjudul "El Cant del Barca" yang diciptakan oleh Jaume Picas and Josep Maria Espinas. Tidak seperti klub sepak bola pada umumnya, Barca benar-benar milik dan dioperasikan oleh para suporternya yang sering dipanggil dengan sebutan Cules. Markas besar Barca terletak di Barcelona yang  nama  resminya saat dibangun pada tahun 1957 adalah Estadi del FC Barcelona (Stadion FC Barcelona) dan diubah menjadi Camp Nou ( Stadion Baru ) pada tahun 2000.

Barca adalah salah satu klub yang masuk menjadi peserta Primera Division (Divisi Utama) sejak tahun 1928, bersama Real Madrid dan Athletic Bilbao menjadi tim yang tak pernah terdegradasi ke Segunda Division (Divisi Dua). Barca juga menjadi klub yang pertama kali menjuarai La Liga. Dengan persembahan 20 gelar Liga Spanyol, 25 gelar Copa del Rey, 7 gelar Piala Super Spanyol, 3 gelar Liga Champions Eropa, 4 gelar Piala UEFA, 2 gelar Piala Super Eropa, Barca menjadi salah satu tim tersukses di Spanyol dan Eropa bahkan didunia. Bukti paling nyata ketika pada tahun 2009 Barca berhasil menjadi klub Spanyol pertama yang berhasil meraih gelar TREBLE (juara La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions). Dilanjutkan dengan raihan gelar Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa dan FIFA Club World Cup untuk melengkapi raihan gelarnya menjadi SEXTUPLE. Barca merupakan klub sepak bola pertama di dunia yang pernah melakukan raihan ini.

No comments:

Post a Comment